Pesawat Jet Tempur T-50 Golden Eagle Pertama Buatan Indonesia

Kita Pasti sering berfikir, dengan semua kapasitas dan teknologi yang dimiliki, kenapa sampai sekar...

Kita Pasti sering berfikir, dengan semua kapasitas dan teknologi yang dimiliki, kenapa sampai sekarang Indonesia belum dapat membuat Jet tempur sendiri? Akhirnya PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang berkerja sama dengan Korea Selatan telah siap mengerjakan proyek pengembangan model pesawat tempur T-50 Golden Eagle senilai US$8 miliar.

Dari sumber berita yang beredar saat ini, Direktur Integrasi Pesawat PT DI Budiwuraskito mengemukakan sejumlah sarana dan prasarana yang dimiliki badan usaha milik negara (BUMN) tersebut mampu mengerjakan pesawat tempur sejenis T-50 Golden Eagle yang merupakan pengembangan pesawat oleh Korea Selatan-Amerika Serikat. “Kalau memroduksi sendiri [pesawat tempur] belum bisa, tetapi kalau bergabung dengan Korea Selatan bisa terlaksana,” katanya.

PT DI memiliki pengalaman dalam bidang kualifikasi dan sertifikasi dalam memproduksi pesawat-pesawat terbaik yang berkecepatan rendah seperti CN-235. Sementara itu, Korea Selatan berpengalaman dalam memroduksi pesawat berkecepatan tinggi atau melebihi kecepatan suara (1 mach) T-50 Golden Eagle. “PT DI memiliki lahan, laboratorium, ruang perakitan, sumber daya manusia, dan lain-lain. Jadi sebetulnya tinggal penggabungan teknologi saja,” katanya.

Budi mengatakan pengembangan dan pembangunan model pesawat yang ditawarkan Korea Selatan baru untuk jenis tempur (fighter), sementara pengembangan model pesawat jenis lainnya seperti jenis stealth (siluman), belum masuk program.

Dia menilai kerja sama pengembangan pesawat tempur kemungkinan bisa diwujudkan pada tahun ini setelah pemerintah Korea Selatan memberikan lampu hijau atas program kerja sama. “Pemerintah Korea Selatan tinggal menunggu persetujuan parlemennya dalam program pengembangan pesawat ini,” katanya.

Di bidang penguasaan teknologi pesawat terbang, Indonesia telah terkenal sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang memproduksi dan mengembangkan pesawat sendiri. Walaupun di bidang pemasaran produksi pesawatnya sendiri harus kita akui cuma masih kalah dalam mengembangkan dan memasarkannya ke seluruh dunia.

Akan tetapi, beberapa tahun belakangan ini, beberapa negara mulai mengalihkan perhatiannya ke pesawat buatan Indonesia, sebut saja Malaysia, Pakistan, UAE, Philipina, dan Korea Utara, serta beberapa negara lainnya. CN-235 tampaknya akan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas di beberapa tahun kedepan setelah lebih banyak negara yang sadar akan kehandalannya. Malaysia sendiri berencana memesan 4 pesawat tambahan untuk menambah jumlah pesawat CN-235 yang sudah mereka miliki.

spesifikasi T- 50 Golden Eagle:

Karakteristik umum

* Kru: 2
* Panjang: 42 ft 7 in (12.98 m)
* Lebar sayap: 30 ft 1 in (9.17 m)
* Tinggi: 15 ft 8.25 in (4.78 m)
* Berat kosong: 14,200 lb (6,441 kg)
* Berat maksimum lepas landas: 26,400 lb (11,985 kg)
* Mesin: 1× General Electric F404 afterburning turbofan
o Dorongan kering: 11,925 lbf (53.07 kN)
o Dorongan dengan afterburner: 17,775 lbf (79.1 kN)

Performa

* Kecepatan maksimum: Mach 1.4
* Jarak jangkau: 1,150 mi ()
* Batas tertinggi servis: 48,000 ft (14,630 m)

Persenjataan

* Guns: 1× M61A1 Vulcan 20 mm Gatling gun
* Rockets: LAU-3/68
* Missiles:
o Air-to-air: 2× AIM-9 Sidewinder
o Air-to-ground: 6× AGM-65 Maverick
* Bombs: 5× CBU-58 cluster, 9× Mk 82, 3× Mk 83/MK 84, and 9× Mk 20. LM

Related

Pesawat 1195779079184583918

Post a Comment

  1. Woooi ini berita ngarang ?? mas kalau mau nulis, Copas-nya yg jelas
    1. T-50 golden Eagle buatan Korsel-USA kemungkinan besar akan menggantikan pesawat tempur tua kita MK-53. (pesawat Tempur ringan dan bagus untuk pesawat latih)
    2. Sedangkan Project kerjasama kita dengan korea adalah pesawat tempur dengan kode KFX, pesawat tempur jenis generasi 4.5 (stealth) dan termasuk jenis yg lumayan canggih diatas spesifikasi T-50, diatas spesifikasi Sukhoi 27/30. investasi itu kita memberikan 25% dari jumlah kebutuhan 7 M dolar

    ReplyDelete
  2. hohohohohohohohohohohoho berita itu harus benar dan berdasar/ bersumber jadinya bisa dipercaya.

    ReplyDelete
  3. Semoga indonesia bisa memproduksi sendiri jet tempur canggi..

    ReplyDelete
  4. Berita ngaco.., kalau buat berita yg sesuai lah dengan yg sebenarnya jangan mengarang indah sendiri.. T-50 itu pesawat latih Jet bukan kerjasama Indonesia dengan Korea Selatan dalam pembuatannya. Yang kerjasama adalah KFX/IFX dan baru nanti 2020 prototypenya jadi.

    ReplyDelete
  5. Mohon maaf sebelumnya,, buat para pembaca dan komentator,, postingan ini dibuat bulan Februari 2011 (mohon lihat tahun posting nya pada address url bar). Jika ada perkembangan atau perubahan berita terkait setelah bulan itu, LM tidak selalu mengikuti perkembangannya dan meng-update atau meng-edit-nya dalam postingan ini.

    Jadi bila anda mempunyai informasi berita terkait yang lebih akurat silakan tambahkan melalui form komentar ini agar para pembaca lain dapat mengetahui perkembangan berita terkait.

    Trims.

    Salam.

    ReplyDelete
  6. Mantap mas bro .... kita mendukung .... walau tidak bisa bikin apa-apa ....hanya mendukung doang....

    ReplyDelete
  7. tunggu aja,aku bakal buat pesawat yang super canggih buat Indonesia :D

    ReplyDelete
  8. ahahaha aku bisa jungkir balik.

    ReplyDelete
  9. Indonesia PASTI BISA....putera-puteri Indonesia pintar-pintar.Putera puteri Indonesia mempunyai semangat juang yang tinggi,rela berkorban dan pantang menyerah....Maju terus bangsaku....

    ReplyDelete
  10. Pesawat tempur Indonesia perlu dibuat banyak varian

    ReplyDelete
  11. Indonesia perlu mengembangkan pesawat tempur buatan sendiri, komentar juga ya di blog saya www.goocap.com

    ReplyDelete

emo-but-icon

Lihat Harga HTC Desire 210
item